Lelaki itu…

Tulisan ini hanya copas dari gambar dan caption yang saya dapat dari akun Ustadz @har030324 sebagai pengingat bagi semua lelaki, termasuk saya. 🙂 Dari gambar: Lelaki… Di tanganmu semua harus rapi. Soal nafkah, kamu lah yg harus penuhi. Pekerjaan rumah tangga? Itu bukan tugas istri. Jika rumahmu berantakan, kamulah orang pertama yang layak disalahkan. Kamu …

Continue reading →

Kenapa Pengen Jadi Pengusaha?

Bismillahirrahmaanirrahiim Postingan ini dikhususkan untuk menjawab pertanyaan kawan baik saya Fiqri Azmi Muchlis saat bertanya “San, naha ente embung gawe?” (San, kenapa ga mau kerja?). Waktu itu saya gak kepikiran untuk jawab dengan baik, nyeplos aja “Embung aya nu nitah.” (Ga mau ada yang nyuruh). Terus Fiqri kayak gak puas dengan jawaban saya. Namun saya …

Continue reading →

Modelling Ibn Abu Quhafah (Part I)

Abdullah Ibn Abu Quhafah aka. Abu Bakar Ash-Shiddiq Khalifatur Rasulullah. Pemuda Penjaga Kehormatan Ibn Abu Quhafah adalah seorang pemuda yang sangat menjaga kehormatannya dari perbuatan-perbuatan tercela yang sering dilakukan oleh penduduk Makkah sebelum Islam. Perbuatan-pebuatan tercela yang biasa mereka perbuatan adalah meminum khamr, berjudi, mengundi nasib, bergaul dengan perempuan, dan hal tidak terpuji lainnya. Suatu …

Continue reading →

Plan Your Goals With SMART Model

Specific (Spesifik) Measurable (Terukur) Achievable (Bisa dicapai) Realistic (Realistis) Time limit (Batas waktu) Specific Goals yang spesifik adalah goals yang terdapat angka di dalamnya dan jelas. Kita bisa menulis target “masuk universitas” tapi untuk jadi spesifik maka tanya lagi “masuk universitas mana?” Measurable Measurable adalah peningkatan yang bisa diukur. Progresnya terlihat, terasa, dan bisa dihitung. …

Continue reading →

KS – KD (PS – DS)

Kondisi Sekarang – Kondisi Diinginkan (Present State – Desire State) Materi Kondisi Sekarang dan Kondisi Diinginkan pertama kali saya tau dari videonya mas Gazan (link). Dalam materi ini ada 3 kolom yaitu : KS – HOW TO – KD. KS Kondisi Sekarang diisi dengan kondisi kita saat ini secara nyata. Tiap orang pasti kondisinya berbeda, …

Continue reading →

Pengen Jujur di Tengah Tipuan

“Semuanya netral, respon kitalah yang menjadikannya negatif atau positif.”-Fikry Fatullah Mungkin saat tulisan ini dibuat, sangat sulit sekali kita melakukan suatu hal secara jujur dan pure. Manipulasi data untuk mendapat proyek sesuai keinginan penyumbang dana, menyembunyikan sebagian hasil penjualan supaya ada uang yang bisa dilipat, menyuruh anak untuk bilang ‘tidak ada siapa-siapa di rumah’ pada …

Continue reading →